5 Program Numerasi yang bisa di terapkan di Sekolah

1.       Program Pojok Numerasi di Kelas

a.       Tujuan:

Meningkatkan minat dan kebiasaan berpikir matematis sehari-hari melalui pendekatan visual, eksploratif, dan kontekstual.

b.       Kegiatan:

o   Menyediakan pojok khusus di kelas berisi permainan numerasi (puzzle, tangram, teka-teki logika, board game matematika).

o   Setiap minggu, siswa mencoba satu permainan secara bergiliran.

o   Guru menyediakan tantangan mingguan di papan numerasi (contoh: Buatlah 10 dengan 4 angka dan 3 operasi berbeda ).

c.       Metode:

o   Discovery Learning

o   Peer Teaching (siswa belajar lewat kerja kelompok)

d.      Evaluasi:

o   Refleksi mingguan siswa

o   Kuis numerasi ringan setiap akhir bulan

o   Jurnal guru mencatat perkembangan siswa yang aktif/kurang aktif

 

2.       Numerasi Kontekstual dalam Mata Pelajaran Non-Matematika

a.       Tujuan:

Mengintegrasikan keterampilan numerasi ke dalam pelajaran seperti IPA, IPS, Bahasa Indonesia, dan Seni.

b.       Kegiatan:

Dalam pelajaran IPS: siswa menghitung selisih jumlah penduduk antar wilayah.

Dalam Bahasa Indonesia: membuat artikel dengan data grafik.

Dalam Seni Budaya: membuat pola simetris atau menghitung luas karya kolase.

c.       Metode:

Project Based Learning (PjBL)

Kolaboratif lintas mata pelajaran

d.      Evaluasi:

Rubrik penilaian proyek

Refleksi antar siswa tentang penggunaan angka dalam konteks non-matematis

Presentasi kelompok

 

3.       Program Numerasi di Dunia Nyata (Eksplorasi Lingkungan)

a.    Tujuan:

Mengenalkan siswa pada penerapan matematika dalam kehidupan nyata.

b.    Kegiatan:

Mengamati harga barang di warung sekitar, lalu membandingkan/membuat grafik harga.

Mengukur suhu udara, panjang/luas lapangan, dan menghitung keliling sekolah.

Membuat rencana anggaran belanja sederhana.

c.     Metode:

Contextual Teaching and Learning (CTL)

Observasi lapangan

d.    Evaluasi:

Laporan observasi numerasi

Diskusi kelas

Kuis berbasis data temuan

 

 

4.       Program Literasi & Numerasi Terpadu melalui Cerita Matematika

a.       Tujuan:

Mengembangkan pemahaman konsep matematika melalui cerita, narasi, dan bacaan numeratif.

b.       Kegiatan:

Membacakan cerita dengan tantangan numerasi (contoh: cerita tentang anak menjual 3 jenis kue, lalu menghitung keuntungan).

Siswa membuat cerita matematika versi mereka sendiri.

Membuat buku mini Kisah Angka dan Logika .

c.       Metode:

Storytelling

Cross-Literacy Approach

d.      Evaluasi:

Penilaian karya tulis narasi numeratif

Uji pemahaman soal dari cerita

Review antar kelompok

 

5.       Program Kuis Numerasi Interaktif & Digital

a.       Tujuan:

Meningkatkan ketertarikan siswa dalam mengasah numerasi dengan teknologi dan gamifikasi.

b.       Kegiatan:

Menggunakan aplikasi seperti Quizizz, Kahoot, Wordwall, Matific untuk latihan soal numerasi interaktif.

Mengadakan turnamen kuis numerasi bulanan antar kelas.

Menyediakan level game soal numerasi dari mudah ke sulit.

c.       Metode:

Gamification

Self-paced Learning

d.      Evaluasi:

Tracking hasil kuis otomatis

Laporan perkembangan skor per siswa

Hadiah simbolik bagi siswa/kelas aktif

Post a Comment

أحدث أقدم